Makin
maraknya budaya asing yang masuk, seperti bahasa, tari dan pakaian, merupakan
ancaman besar bagi bangsa Indonesia. Permasalahan yang akan muncul nantinya
adalah eksistensi nilai, moral dan karakter bangsa Indonesia. Derasnya pengaruh
luar/asing, menjadikan pengembangan karakter melalui jalur pendidikan budi
pekerti.
Tari sebagai Wahana PendidikanKarakter
Pendekatan pembelajaran tari yang berorientasi pada children centre di sekolah pada dasarnya mengacu pada prinsip-prinsip pada prinsip-prinsip perkembangan anak yaitu salah satunya siswa belajar dengan baik apabila kebutuhan fisiknya terpenuhi serta merasakan aman dan tentram secara psikologis.
Kondisi yang memungkinkan bagi
peserta didik dalam menciptakan produk tari kreatif ketika kondisi pribadi dan
kondisi lingkungan yang cukup mendukung atau kondusif untuk memberikan rangsang
auditif, visual, kinestetik, gagasan dan peraba tidak meniru atau mencontoh
karya orang lain. Karya-karya tari kreatif diberikan sebagai rangsangan dan
sebatas pengetahuan bagi peserta didik.
Peserta didik akan lebih bersemangat apabila suatu bahan yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan siswa didik. Sumber belajar dapat berupa segala macam alat/media atau situasi yang dapat membantu serta memperkaya dan memperjelas pemahaman peserta didik terhadap sesuatu yang sedang dipelajarinya bahkan membantu siswa memperkaya pengalaman. Pada pelajaran Seni Tari, media yang efektif adalah dengan mempraktikkan langsung bentuk tarian. Peserta didik pun diharapkan mampu menampilkan bentuk tarian dengan baik dan benar
Peserta didik akan lebih bersemangat apabila suatu bahan yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan siswa didik. Sumber belajar dapat berupa segala macam alat/media atau situasi yang dapat membantu serta memperkaya dan memperjelas pemahaman peserta didik terhadap sesuatu yang sedang dipelajarinya bahkan membantu siswa memperkaya pengalaman. Pada pelajaran Seni Tari, media yang efektif adalah dengan mempraktikkan langsung bentuk tarian. Peserta didik pun diharapkan mampu menampilkan bentuk tarian dengan baik dan benar
Penanaman nilai kreatif pada peserta
didik mlalu tari dengan cara salah satunya mengenalkan tari kreatif. Tari
kreatif adalah tarian yang dimainkan dengan pencarian ide-ide gerak dan alat
yang penuh nilai-nilai dan norma-norma yang berguna bagi siswa didik untuk
memahami dan mencari keseimbangan gerak hasil pencarian menurut kemampuan
dengan penuh kesadaran atau tanpa adanya paksaan. Dengan kata lain peserta
didik diarahkan untuk mencipta gerakan tari yang kreatif secara bersama-sama.
Untuk pengenalan tari kepada anak
usia 7- 9 tahun yang telah masuk Sekolah Dasar (SD), pada umumnya dilakukan
untuk mendisplinkan dan mempunyai rasa tanggung jawab saat berlatih atau belajar.
Kemampuan anak apada usia ini sudah mampu mengingat gerak dan peka terhadap
iringan. Oleh karena itu ciri gerak yang ditujukan pada anak usia tersebut
adalah: - Gerak yang sederhana agar mudah diingat
- Menggunakan gerak anggota badan yang sederhana
- Memanfaatkan peralatan seperti paying sebagai alat peraga
- Gerakan yang mudah ditiru
- Gerak yang selalu dilihat pada objek sehari-hari
0 Response to "Tari Dalam Pendidikan Karakter "
Posting Komentar